Minggu, 01 Maret 2015

Pariwisata di Jawa Barat

PARIWISATA DI JAWA BARAT

         Assalamu'alaikum Wr.Wb para pembaca yang dirahmati oleh Allah SWT, berjumpa dengan saya Fathi Jihadis Sabili di blog pertama saya. Di blog pertama saya ini saya . Obyek-obyek pariwisata di Jawa Barat emang indah dan tak kalah indah dengan obyek pariwisata yang terdapat di daerah lainnya. Berikut ini ialah obyek pariwisata di Jawa Barat pilihan. Selamat Menikmati.

    1.Wisata Kepulauan Biawak 


    Kepulauan Biawak adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa di Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Pulau Biawak terletak di sebelah utara semenanjung Inrdamayu sekitar 40 kilometer dari pantai utara Indramayu dan secara administratif termasuk ke dalam wilayah kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

                Kepulauan Biawak, terdiri atas tiga buah pulau yaitu:
    Ø  Pulau Biawak
    Ø  Pulau Candikian
    Ø  Pulau Gosong

                Pulau biayawak adalah salah satu tempat pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Daratan seluas 120 hektare ini juga kaya dengan tanaman bakau yang hijau dan rapat dipandang dari ketinggian. Nama kepulauan ini diambil dari banyaknya satwa biawak yang hidup di kepulauan ini.
              Pulau ini memiliki pesona wisata yang unik, karena karangnya yang masih 'perawan ' dan hidup. Di antara keempat pulau itu, hanya Pulau Biawak yang masih utuh dalam segalanya. Sedangkan tiga                                                                pulau lainnya hanya berupa hamparan pulau karang.
                Bangsa Belanda semasa menjajah kepulauan Indonesia, mendirikan bangunan menara mercusuar. Mercusuar dengan ketinggian sekitar 65 meter itu dibangun oleh ZM Willem pada 1872,  Hingga kini, bangunan itu masih berfungsi untuk memandu kapal-kapal besar maupun kecil yang melintas. Melihat usia bangunan tersebut, mercusuar itu diperkirakan seumur dengan mercusuar di Pantai Anyer.
      

    2. Obyek Wisata Cibulan

    Cibulan adalah objek wisata pemandian air dingin di wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Menurut cerita yang berkembang di kalangan Masyarakat Desa Maniskidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya, ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.        Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan. Konon ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah.
                Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana, namun saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.          
                Air di Cibulan selalu bersih, bening, sejuk, dan melimpah, meskipun pada musim kemarau panjang. Kolam pemandian Cibulan juga menjadi sumber pendapatan bagi penduduk Desa Maniskidul dengan menjadi pedagang asongan atau membuka warung makan di sekitar tempat itu. Saat ini terdaftar 20 warung permanen di luar kompleks kolam dan 14 pedagang asongan resmi yang diizinkan berjualan di dalam kompleks kolam. Mereka kebanyakan menjual minuman ringan dan makanan kecil serta makanan ikan berupa kacang atom dan ikan wader.
     

    3. Obyek Wisata Kawah Putih Ciwidey
       
              Objek wisata Kawah Putih Ciwidey terletak di Selatan Kota Bandung tepatnya di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu, Kota Bandung. Kawah Putih ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12 silam. Gunung Patuha sering disebut Gunung Sepuh (Pak Tua) yang memiliki kawah yang berbeda dari kawah yang lain yaitu warna air yang terang dan selalu berubah-ubah sehingga mempunyai daya tarik tersendiri apalagi di permukaan kawah terdapat batu dan pasir putih sehingga dikenal sebagai Kawah Putih.

    Di kawah putih ini terdapat berbagai jenis macam flora seperti Cantigi, Lemo, Vaccinium dan Eidelweis. Sedangkan faunanya antara lain seperti Elang, Monyet, Kancil, Babi Hutan, Macan Kumbang, dan Macan tutul. 

    5. Obyek Wisata Plangon
     
    Obyek wisata Plangon merupakan perpaduan antara nilai-nilai sejarah, kesejukan alam, dan adanya komunitas monyet dengan jumlah yang cukup banyak di tempat tersebut. Dengan potensi tersebut, tempat ini sangat layak untuk dijadikan salah satu tujuan wisata. Wisata ini berada di desa Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.
                Bagi orang yang baru berkunjung ke sini, kesan seram memang terasa. Selain karena memang hutannya yang cukup lebat, juga setiap gerak kita akan diikuti oleh monyet-monyet yang terkadang sedikit jahil. Untuk itu, ketika naik bukit , pawang setempat setidaknya menyertai kita untuk membantu jikalau monyet-monyet tersebut menjadi nakal terhadap para pengunjung. Untuk sampai ke puncak bukit Plangon kita harus menaiki banyak tangga , tidak ada yang tahu tentang jumlah tangga tersebut. Tapi dengan berjalan santai kita memerlukan waktu kira2 setengah jam untuk sampai puncak Plangon.
                Tidak ada yang tahu pasti, darimana asal monyet tersebut. Yang jelas, monyet-monyet tersebut telah berada di hutan Plangon dan berkembang biak dengan baik.

             
                  Oke semuanya, sekian obyek-obyek pariwisata di Jawa Barat yang dapat saya tulis disini dan yang menurut saya obyek wisata tersebut indah dan pantas untuk dikunjungi.Mari kita bersama samakunjungi tempat tersebut. Terima Kasih

     


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar